Gelar Karya Peserta Didik Kelas XII SMA Cita Mulia dalam Pelajaran Geografi: Negara Maju dan Berkembang

Dalam pelajaran Geografi minggu ini, peserta didik diberikan tugas untuk mendalami materi mengenai negara maju dan berkembang. Kegiatan ini bertujuan agar mereka dapat memahami perbedaan dan perkembangan yang terjadi di berbagai belahan dunia dari segi pendidikan dan ekonomi. Untuk tugas kali ini, peserta didik diminta untuk memilih negara-negara maju dan membandingkannya dengan negara berkembang, serta mempresentasikan hasil analisis mereka.

Setelah berdiskusi dan melakukan penelitian, peserta didik memilih tiga negara maju sebagai studi kasus: Jepang, Finlandia, dan Singapura. Negara-negara ini dipilih karena ketiganya dikenal memiliki sistem pendidikan dan ekonomi yang sangat maju. Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi mengenai kondisi pendidikan dan ekonomi di negara-negara tersebut, serta membandingkannya dengan kondisi di Indonesia sebagai negara berkembang.

Dalam proses analisis, peserta didik yang dibagi dalam kelompok, mengidentifikasi berbagai aspek penting seperti tingkat akses pendidikan, kualitas pengajaran, serta indikator ekonomi seperti pendapatan per kapita dan tingkat kemajuan teknologi di Jepang, Finlandia, dan Singapura. Mereka juga membandingkan data tersebut dengan situasi di Indonesia untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang perbedaan dan tantangan yang ada.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, peserta didik juga menyusun seminar terbuka untuk mempresentasikan hasil analisis mereka. Seminar ini melibatkan peserta didik lainnya dan para guru. Dalam presentasi tersebut, masing-masing kelompok menyajikan informasi yang telah mereka kumpulkan dengan mendetail, termasuk perbedaan dan persamaan antara negara maju dan berkembang dari segi pendidikan dan ekonomi.

Tidak hanya fokus pada analisis data, mereka juga menambahkan elemen budaya dalam presentasinya. Mereka memperkenalkan dan membandingkan budaya dari Jepang, Finlandia, Singapura, dan Indonesia seperti menampilkan informasi mengenai bahasa, pakaian adat, dan makanan tradisional dari masing-masing negara. Hal ini tidak hanya menambah dimensi budaya dalam analisis mereka, tetapi juga memberikan wawasan lebih luas tentang bagaimana budaya dapat mempengaruhi pendidikan dan ekonomi.

Melalui kegiatan ini, peserta didik tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep negara maju dan berkembang, tetapi juga meningkatkan keterampilan presentasi dan pemahaman mereka tentang perbedaan budaya. Seminar terbuka ini menjadi kesempatan berharga bagi mereka untuk berbagi pengetahuan dan mendapatkan umpan balik dari peserta didik dan guru, sekaligus memperkaya pengalaman belajar mereka.

Sampai jumpa di gelar karya selanjutnya, ya.

Oleh: Ummi Nadzifah, M.Pd. (Guru Geografi)

Video Dokumentasi:

https://youtu.be/1Ck14Sa4Kgk?si=-bpW1Pn5m663Do2_